Di era digital ini, teknologi berkembang dengan pesat yang tercermin melalui banyaknya aplikasi yang digunakan oleh masyarakat. Aplikasi-aplikasi tersebut memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda. Sebagian aplikasi memiliki manfaat dan dampak yang besar di masyarakat seperti aplikasi e-commerce. Aplikasi tersebut mampu merubah kebiasan proses jual beli konvensional menjadi digital yang dapat menghubungkan penjual dan pembeli di mana saja dan kapan saja melalui koneksi internet. Walaupun begitu, masih terdapat aplikasi yang manfaatnya kadang dikalahkan dengan dampak negatifnya seperti aplikasi game yang digunakan oleh anak dan remaja. Aplikasi game yang awalnya bertujuan sebagai media untuk refreshing saat ini telah banyak memberikan dampak negatif kepada penggunanya yang belum memiliki self-control yang baik seperti anak-anak dan remaja. Anak-anak yang telah terlanjur senang main gim biasanya sulit untuk disuruh berhenti sehingga kadang berdampak pada malasnya mereka belajar dan yang lebih parah jika mereka sudah kecanduan hingga berdampak ke tubuh mereka.
Aplikasi yang tersebar di masyarakat seharusnya memberikan dampak positif yang lebih banyak dibandingkan dampak negatifnya. Untuk memenuhi tujuan tersebut telah banyak diselenggarakan lomba atau program dalam menjaring inovasi aplikasi baru yang memiliki dampak positif bagi masyarakat seperti lomba Gresik Inovasi Kompetisi. Gresik Inovasi Kompetisi adalah salah satu bentuk nyata dari pemerintah Kabupaten Gresik untuk mendorong dan meningkatkan kegiatan inovasi di berbagai sektor di Kabupaten Gresik.
Alhamdulillah pada kesempatan ini saya diberikan amanah untuk berkontribusi sebagai juri di Gresik Inovasi Kompetisi yang bertugas untuk menilai karya-karya inovatif dari para peserta yang penuh semangat. Selain itu, kesempatan ini juga saya manfaatkan untuk melihat ide-ide segar dan bagaimana para peserta dengan penuh dedikasi memecahkan tantangan dalam pengembangan aplikasi mereka.
Ide-ide segar
- Dibutuhkannya aplikasi yang dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengurangi atau mengolah sampah menjadi benda yang bernilai (dapat melibatkan DLH).
- Aplikasi chatting berbasis AI yang dapat digunakan sebagai teman curhat untuk mengurangi dampak negatif orang yang sedang terpuruk → AI yang disediakan membutuhkan guidance dari psikolog.
- Aplikasi yang manfaatnya besar (misal: dapat menggantikan penilaian subjektif petani ketika menentukan buah yang dipanen sudah matang apa belum) bisa dibuat dengan memanfaatkan perhitungan atau rumus sederhana yang diperoleh dari paper atau buku dan yang lainnya.
- Ide aplikasi dapat diperoleh dari kesadaran terhadap lingkungan sekitar dan kesulitan yang dialami.
- Pemanfaatan IoT untuk menangani hal-hal sederhana seperti sensor kebocoran gas.
- Aplikasi yang dibuat dengan tujuan berkontribusi untuk pengguna yang berkebutuhan khusus seperti media pembelajaran dengan memanfaatkan Augmented Reality.
- Menyediakan aplikasi yang dapat menjaring para pencari kerja khususnya anak-anak lulusan SMK.
Usaha dalam menghadapi tantangan
- Perlu adanya pembeda yang bagus dengan aplikasi yang sudah ada
- Perlu adanya strategi untuk menarik calon pengguna mau menggunakan aplikasi
- Aplikasi yang sukses digunakan untuk 1 hal dan berpotensi untuk digunakan di hal lain, lebih baik diusahakan untuk sekalian dapat digunakan untuk hal lain.
- jika aplikasinya sudah jadi yang awalnya digunakan untuk usaha sendiri dapat dikembangkan dengan menggandeng usaha-usaha orang lain.
- perlu dilakukan survei pasar dan analisa Measureable Organization Value (MOV) pada aplikasi yang akan dibut.
Selain itu kondisi dari tiap peserta juga dapat dijadikan pelajaran. Sebagian peserta sangat siap dalam hal materi, dokumen, interface aplikasi, bahkan slogan. Tapi sebagian kelihatan kurang siap untuk presentasi. Salah satu peserta yang tidak paham dengan teknologi yang diusulkan beralasan karena mereka hanya tim support, peserta lain beralasan kalau mereka minta bantuan jasa programmer untuk membuatkan aplikasi sesuai dengan ide tanpa mengetahui teknologi dan algoritma apa yang dipakai, dan yang lainnya beralasan bahwa mereka belum matang menyusun desain sistem aplikasi karena mepetnya deadline pengumpulan proposal. Tentunya ketidaksiapan itu dapat mempengaruhi nilai yang mereka dapatkan. Jika kita ingin mendapatkan nilai yang maksimal tentunya kita harus siap dengan semua yang perlu kita presentasikan. Walaupun jika aplikasi yang kita gagas dibantu untuk dibuatkan oleh orang lain, kita tetap harus mau mencari tahu dan memahami teknologi dan algoritma yang dipakai oleh orang itu. Karena jangan sampai aplikasi yang kita gagas tetapi tidak kita kontrol akan memberikan dampak negatif kepada pengguna. Hal-hal inilah yang menjadi concern bagi juri untuk disampaikan melalui kritik dan saran yang membangun.
Menjadi juri dalam kegiatan ini bukan hanya bertugas memberikan nilai, kritik, dan saran kepada para peserta tetapi dapat digunakan juga untuk mendapatkan ide dan gagasan yang dapat dikembangkan dan dituangkan dalam wujud proposal, artikel ilmiah, atau aplikasi. Melalui kreatifitas dan inovasi inilah diharapkan semakin banyak bermunculan inovasi-inovasi yang dapat digunakan untuk membantu menyelesaikan masalah yang ada.
Harapan saya tentunya semakin banyak generasi muda yang peduli dengan kondisi lingkungan sekitarnya sehingga mereka dapat memperoleh ide untuk dijadikan inovasi solusi di linkungan sekitarnya. Selain itu, semoga kegiatan kompetisi ini konsisten diselenggarakan dan semakin banyak kompetisi-kompetisi sejenis untuk menampung kreatifitas dan inovasi yang ada.
Terima kasih telah mengikuti cerita saya dalam pengalaman berharga ini. Mari terus mendukung inovasi demi masa depan yang lebih baik!
0 Comments